我的故事

作者:周惠環

   我從印尼嫁過來台灣已經三年多了,剛來到台灣會覺得很不習慣,直到第五個月,先生讓我去善牧基金會上課。在善牧基金會上課的這段時間,認識很多很好的朋友還有老師。從中文識字班結業後,我與來自東南亞不同國家的姊妹們,一同參加善牧基金會的通譯課程。

   來台灣一年九個月之後,因為想要生一個小寶寶,先生很有耐心不斷的帶我去看醫生,可是一直沒有好消息。接著先生又帶我去看中醫,連續28天每天照3餐喝中藥調理身體。後來我們真的成功了!先生和家人都非常開心。懷孕的那段時間,先生對我特別的好、百依百順。而我從確定懷孕之後,就沒有再去上課了。

   生產的那一天,清晨5點羊水破了,先生做了一件很好笑的事~他翻了翻孕婦手冊後,對我說:「老婆,書上寫說沒有這麼快生啦!」先生又下樓去問媽媽,媽媽也說沒有這麼快,先生就照常去工作了。先生早上八點出門,八點半就打電話回來,跟小姑說我已經開始陣痛。小姑看到我的情況,馬上叫了計程車送我去醫院。小姑打電話給我先生說我要生了,先生趕到醫院時已經10:30,他一直陪在身邊直到兒子出生。

   兒子現在漸漸大了,家人也會幫忙照顧,所以有時間可以回來工作,我要對善牧的老師說聲:「謝謝!」

 

CÂU CHUYỆN CỦA TÔI

Tác giả : Chu Huệ Hoàn

   Tôi từ Indonexia gả đến Đài Loan đã được 3 năm rồi , vừa đến sống tại Đài Loan cảm thấy không quen lắm , cho đến khi tháng thứ năm , ông xã dẫn tôi đến Quỹ Thiện Mục để học tiếng Trung . Trong thời gian học ở đây , quen biết rất nhiều bạn và cô giáo. Từ khi kết thúc khóa học nhận biết chữ ,thì tôi và các chị em đến từ các nước khác nhau của Đông Nam Á , cùng nhau tham dự khóa bồi dưỡng phiên dịch do Quỹ Thiện Mục mở .

Sau khi đến Đài Loan được 9 tháng , vì có kế hoạch muốn sinh con nên ông xã rất có lòng nhẫn nãi thường dẫn tôi đi khám bác sĩ , thời gian đã lâu nhưng cái bụng của tôi thì không có tin tức gì .Tiếp đến ông xã lại dẫn tôi đi khám Trung y, để điều chỉnh lại sức khỏe , nên tôi mỗi ngày 3 bữa liên tục 28 ngày đều phải uống thuốc bắc.Sau đó chúng tôi thật sự đã thành công , ông xã và gia đình đều rất vui . Trong thời gian mang thai , ông xã càng chăm sóc thương yêu tôi hơn , việc gì cũng thuận theo ý tôi . Từ khi biết thật là mình đã mang thai thì tôi không còn đi học nữa .  

 Cái hôm đó sinh đẻ, sáng sớm 5 giờ thì nước ối đã vỡ, nhưng ông xã làm một chuyện rất đáng cười~ ông xã lật xem cuốn sổ tay mang thai và nói với tôi rằng :“Trên sách nói chưa có sinh sớm như thế đâu ! ”, ông xã lại chạy xuống lầu hỏi mẹ , thì mẹ cũng bảo chưa có sinh sớm như thế đâu !, thế là ông xã vẫn đi làm như mọi ngày , Ông xã 8 giờ sáng đi làm, khoảng 8 giờ rưỡi đánh điện thoại về nhà , nói với em gái chồng tôi rằng bụng của tôi đã bắt đầu đau , cô em chồng thấy tình hình của tôi như thế , liền gọi xe tắc xi đưa tôi đến bệnh viện . Cô em chồng điện thoại cho ông xã biết việc tôi sắp sanh , ông xã vội vã đến bệnh viện thì đã 10giờ rưỡi , anh ấy bên cạnh tôi cho đến khi đứa con trai đầu lòng của chúng tôi sinh ra .     

Đến nay con trai tôi đã được 6 tháng rồi , gia đình chồng cũng giúp đỡ chăm sóc

cháu , bởi vậy tôi mới có thời gian quay trlại đây làm việc .(Tôi muốn nói với cô giáo của Thiện Mục rằng : Cám ơn nhé! )

Kisah Cerita Saya

Pencerita:Cou Huei Huan

   Saya datang dari Indonesia menikah ke-Taiwan sudah ada 3 tahun lebih.Baru datang ke-Taiwan merasa tidak terbiasa,datang ke-Taiwan 5 bulan,suami saya mendukung supaya datang kepusat gembala baik untuk sekolah.Dipusat gembala baik sekolah dalam waktu yang sangat singkat ini,mengenal banyak teman dan guru yang sangat baik.Dari sekolah pengenalan huruf mandarin selesai,saya bersama-sama teman yang datang dari berbeda Negara,bersama datang sekolah dalam penerjemah.

   Setelah datang 1 tahun 9 bulan ,karena mau cepat punya anak bayi,suami saya dengan sabar dan tidak ada hentinya membawa saya pergi periksa kedokter,tetapi sama saja tidak ada kabar gembira.Pergi lihat dokter yang melihat nadi,selama 28 hari berturut-turut meminum obat secara teraur sehari 3 kali.Lalu kami benar-benar berhasil!Suami saya dan sangat gembira.Waktu saya hamil,suami saya sangat baik terhadap saya,dan seratus persen menurut apa saja yang saya mau.Dan semenjak sudah yakin saya benar-benar hamil,saya tidak lagi pergi sekolah.

   Pada hari yang saya mau melahirkan,jam 5 subuh mulai sakit perut dan mulai ada air keluar,suami saya ada cerita yang sangat lucu~Dia membuka dan melihat buku ibu kandungan tersebut,lalu berbincang dengan saya:isteri,dalam buku ibu kandungan tertulis tidak mungkin secepat ini!Suami saya lari kelantai bawa tanya mama,mama juga bilang tidak mungkin secepat ini,lalu suami saya pergi bekerja dengan seperti hari biasanya.Suami saya jam 8 pagi berangkat kerja,jam 08:30 telepon pulang karena merasa kuatir,bilang sama adik perempuannya perut saya mulai sakit,adiknya lihat keadaan saya ,dia dengan cepat memanggil taksi dan antar saya pergi kerumah sakit.Adiknya telepon kesuami saya bilang saya sudah mau melahirkan,suami saya langsung pergi kerumah sakit dan hari itu tidak pergi kerja,sampai rumah sakit sudah pukul 10:30,dia menemani saya sampai anak kami lahir.

   Anak saya sekarang sudah ada 6 bulan,keluarga suami juga ada membantu saya menjaga anak,jadi kalau ada waktu saya bisa keluar untuk bekerja.Saya mau berterima kasih kepada guru yang ada dipusat gembala baik.

arrow
arrow
    全站熱搜

    shepherdsocial 發表在 痞客邦 留言(0) 人氣()